Sunday, February 10, 2019

HATI2! JOB PRT KE CINA ILEGAL & JOB BAYI TABUNG/PINJAM RAHIM GAJI 200 JUTA DI CINA



HATI2! JOB PRT KE CINA ILEGAL & JOB BAYI TABUNG/PINJAM RAHIM GAJI 200 JUTA DI CINA

Satgas Tindak Pidana Perdagangan Orang Bareskrim Polri menangkap seorang tersangka penyalur TKI ilegal jaringan China. Tersangka bernama Sulikah itu menggunakan modus wisata untuk melancarkan aksinya.

Simak Video Penjelasan :


"Satu tersangka kita tangkap. Akan dikejar semua jaringannya," kata Kasubdit III Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Kombes Ferdi Sambo kepada detikcom, Jumat (24/11/2017).

Ferdi mengatakan tersangka Sulikah alias Sulis alias Melis ditangkap di Jakarta, Kamis (23/11) malam. Barang bukti berupa 28 paspor dan visa wisata, 13 buku rekening bank, 43 Kartu Keluarga, 27 Akte Lahir, 19 KTP, dan 3 ponsel genggam disita. 

"TPPO Jaringan China tanpa menggunakan PTKIS serta tanpa prosedur ketenagakerjaan dengan modus Visa Wisata dan jalur pemberangkatan Jakarta-Shanghai," kata Ferdi.

Para korban dikirim dan diamankan oleh Kepolisian China pada April 2017 lalu. Mereka kemudian dipulangkan ke Indonesia melalui KBRI China. 

Ferdi menjelaskan tersangka menjanjikan para korban bekerja di China sebagai pembantu rumah tangga dengan gaji Rp 10 juta rupiah per bulan. Awalnya, para korban ditampung di salah satu hotel di kawasan Jakarta Pusat, lalu medical check up di Jakarta Timur.

"Kemudian dilakukan proses pembuatan paspor dengan keterangan untuk wisata, dan proses ticketing serta penerbitan visa wisata," ujarnya. 

Setelah sampai di Shanghai, China, para korban menandatangani surat kontrak kerja dengan gaji 5.000 yuan dengan dipotong 4.000 yuan untuk mengganti proses kepengurusan.

Selama hutang belum lunas, maka paspor ditahan. Namun pada faktanya, gaji tidak pernah dibayarkan ke para korban. 

"Adapun aliran uang dalam proses perekrutan dan pengiriman CTKI, tersangka mendapatkan uang Rp 20 juta per kepala setiap pengiriman TKI dari Linda yang ada di China. Penerbitan pasport dibantu calo di Imigrasi Jakarta Barat Rp 2 juta per orang," ucapnya. 

Selain itu, ada lagi biaya cek kesehatan Rp 200 tibu per orang, penerbitan tiket Rp 7 juta per orang, dan penerbitan visa Rp 600 ribu per orang. 

Akibat perbuatannya, tersangka dijerat Pasal 4 UU No 21 tahun 2007 tentang TPPO dan atau Pasal 102 ayat 1 huruf a UU No 39 tahun 2004 tentang PPTKILN.

1 comment:

  1. Terpaksa sy berucap dsni bahwa cita-citaku menjadi TKW sukses pulang di kampungku sudah tercapai, alhamdulillah.... awalnya aku ikut-ikutan melihat temanku, ternyata setelah kubuktikan hasilnya memang luar biasa ..!!! terima kasih banyak kpd teman aku yg ada di singapura..! berkat postingan dia di halaman facebook TKI Sukses aku baca. Aku bisa kenal nma nya Mbah Suro Guru spiritual PESUGIHAN UANG GAIB. . pikir-pikir kurang lebih 5 tahun kerja jd Tkw di HONGKONG hanya jeritan batin dan tetes air mata ini selalu menharap tp tdk ada hasil sm sekali. Mana lagi dapat majikanku galak, kejam, cerewet, salah sedikit kena marah lagi . Tiap bulan dapat gaji hanya separoh saja . . itu pun tdk cukup biaya anak di kampung. Tp sy beranikan diri tlpon nmr beliau untuk minta bantuan nya. melalui PESUGIHAN UANG GAIB Nya . syukur Alhamdulillah benar2 terbukti sekarang. terima kasih ya allah atas semua rejeki mu ini. Aku sudah bs pulang ke kmpung halaman buka usha skrg. jk tman minat ingin tlpn beliau . ini nmr nya +62 82354640471 & 082354640471 siapa tau anda bisa di bantu dan cocok sprti aku . aminn



    ReplyDelete